Minggu, 13 Mei 2012

Negeri “Flora” dan Tempat sampah corak “Flora”


Sulit bagi kita untuk melaksanakan slogan “buang sampah ditempatnya” , walaupun kadang jarak antara kita dan tempat sampah itu lumayan dekat, namun masih saja dibuang sembarangan. . Kalau di Belanda, seperti yang lazimnya kita sudah mengenal bahwa di luar negeri itu hampir disetiap sudut jalan terdapat tempat sampah, dan bila sudah penuh ada mobil khusus yang mengosongkannya pada saat tertentu. Kalau hal ini pastilah merupakan tugas dari pembersih kota di Belanda. Namun bukan hanya itu saja ternyata , ada hal kreatif yang perlu kita ketahui tentang belanda. 

Belanda sangat dikenal dengan negeri yang penuh dengan bunga, apalagi bunga tulip yang melambangkan identitasnya di dunia internasional.  Nah kalau yang satu ini, sangat jarang di temukan dimana-mana kecuali di Belanda. Saya pernah membaca aneka yes kalau gag salah itu terbitan tahun 2007 waktu saya masih SMA. Masih teringat jelas di otak saya artikel mengenai seorang remaja yang mendapat beasiswa ke Belanda saat itu. Salah satu yang diceritakan ialah keadaan kota dan kebersihan di Belanda dan yang menjadi pusat perhatian saya ialah tempat sampah corak bunga. Tempat sampah itu terlihat cantik dengan beraneka corak bunga yang menghiasinya.  Bukan hal yang aneh untuk melihat tempat sampah yang bercorak bunga yang dibungkus oleh kertas warna ataupun yang dicat sendiri oleh pemiliknya. Kesan inilah yang semakin menambahkan poin plus bagi belanda, udah terkenal dengan negeri tulip, ditambah lagi aksesoris tempat sampah yang bernuansa bunga.  Wow, sampai segitunya yah  tempat sampah mendapat perlakuan khusus di Belanda. 

Bukan hanya soal jago  menarik perhatian orang apalagi wisatawan yang datang ke belanda, tapi yang paling penting adalah melalui perlakuan unik ini, sampah-sampah selalu ada di dalam tempat sampah. Walaupun sudah ada petugas kebersihan kota bahkan mobil penyapu jalanan, tempat sampah corak bunga ini merupakan kreatifitas yang memberikan kontribusi positif bagi kebersihan di Belanda. Apalagi di dalam keluarga yang memiliki anak, pasti anak-anak akan menyukai ide-ide kecil yang kreatif seperti ini sehingga mereka tertarik untuk membuang sampah pada tempatnya.  Ini dia gawang kebersihan kota di Belanda yang patut dicoba di negara-negara berkembang .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar