Selasa, 06 September 2011

12 Batalion in Hollandia (Papua) sebagai markas besar sekutu wilayah Pasifik Barat (General Headquarter of the South West Pasific Area)


12 Batalion in Hollandia (Papua) sebagai markas besar sekutu wilayah Pasifik Barat (General Headquarter of the South West Pasific Area)
AS melakukan penyerbuan yang dipimpin oleh Jendral Douglas Mc Arthur yang bermarkas di atas kapal induk “Nashville” yang mendarat di 2 daerah yaitu Pantai Hamadi dan Teluk Tanah Merah. Pendaratan ini bertujuan untuk menghancurkan pertahanan udara bala tentara Jepang yang terpusat di Lapangan terbang Sentani tempat berpangkal 350 buah pesawat terbang tempur jenis zero.
Hasil penataan battalion oleh Jendral Douglas Mc Arthur ialah:
1.       Base-G  : Pangkalan ini merupakan lanjutan dari Base-F  (Finshaffen) yang berada di wilayah lebih timur lagi. Ditempat ini dibuat suatu latihan Pasukan Payung setelah sekutu meninggalkan Hollandia (1946), namun sekolah ini terpaksa dipindahkan ke Jawa
2.       Army Post Office : 2 km di sebelah selatan dari Base-G . Di tempat ini pihak sekutu mendirikan pemukiman pasukan penghubungnya lengkap dengan pasukan pos tentaranya. Di tempat ini sekarang (1984) terdapat kompleks perkantoran Bupati Kabupaten Jayapura.
3.       Kloofkamp : Kloofkamp, asalnya dari kata klaaf (bahasa belanda) artinya “sempit”, yaitu merupakan dataran sempit  yang membentang dari tepi teluk pelabuhan (tempat bivak hollandia  - kaki Pegunungan Cycloop).
4.       Werf : Di depan bukit karang Yarmoch dalam lingkungan teluk. Tempat ini merupakan tempat untuk memperbaiki kapal torpedo. Oleh karena itu tempat ini diberi nama “Destroyer Repair Base”, yang oleh Belanda diberi nama Werf (galangan).
5.       Dok-dok : Sepanjang lekuk-lekuk  garis pantai teluk pelabuhan dibangun 11 dok, tempat perbaikan kapal lainnya.  2 milik AL, dan 9 milik AD.
6.       Argapura : kira-kira 1 km dari bivak Hollandia, ditemui daerah tempat penampungan Angkatan Laut.
7.       Kotaraja : 7km dari bivak Hollandia, tentara sekutu mendirikan Pabrik Es dan Unit Pemberantasan Malaria. Kotaraja merupakan bekas perkebunan F. W Brinkman
8.       Padang Bulan dan sekitarnya : kurang lebih 2km dari Kotaraja, Jalan Sentani sekarang, Tentara Sekutu membangun Pemukiman yang menjadi pusat kedudukan Tentara Amerika, Camp Walker. Di tempat ini dulu dibangun RS dan Dinas umum Perbekalan Teknis Kendaraan AS.
9.       Kota Nica : Nama sekarang : Kampung Harapan. 10 km dari sebelah Barat Camp Walker. NICA ialah pemukiman yang dibuat Belanda, “Netherlands Indies Civil Administration”, tempat ini dulunya merupakan pengaman wilayah dengan mengadakan kontak dengan rakyat.
10.   Sentani : ke arah Barat, kira-kira 40km dari Hollandia, terdapat Lapangan Terbang Sentani dan Doyo. Disekitarnya dibangun tempat pemukiman Angkatan Udara Sekutu. Banyak Pesawat pembom berada disni .
11.   Ifar Gunung : Dari Sentani kea rah Utara , di kaki Pegunungan Cyvloop pada ketinggian kira-kira 325 meter dpl, dibangun pemukiman Armada ke-7 AS “Seventh Fleet Camp”. Pada bagian mengarah ke atas (500 m dpl) didirikan tugu Jendral Douglas Mc Arthur.
12.   Depapre: Cekukan kecil dicelah gunung (70km dari Kota Hollandia) terdapat Kota Depapre. Pasukan Sekutu membangun tangki-tangki bahan bakar pesawat yang disalurkan ke Lapangan Terbang Sentani dengan pipa untuk keperluan pesawat terbang.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar